Jumat, 04 Februari 2011

PENTINGNYA PENDIDIKAN*


Oleh: Kaum Happak Jee

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.
Dari tahun ketahun, permasalahan pendidikan tidak pernah terlesaikan. Sering kali permasalahan pendidikan dinomorduakan oleh Pemerintah maupun elemen Masyarakat. padahal, pendidikan adalah permasalahan inti yang harus kita utamakan untuk menjadikan masyarakat mempunyai SDM tinggi, sebagai bekal dalam menghadapi dan memecahkan problema hidup dan kehidupan, baik sebagai pribadi yang mandiri, warga masyarakat, maupun sebagai warga negara. Masyrakat secara kesuluran harus sadar betapa pentingnya pendidikan itu.
Problem pendidikan yang semakin ruwet, tidak hanya disebabkan para pakar pendidikan, berbagai elemen juga ikut serta, baik pemerintah maupun dari masyarakat. sehingga tidak heran jika permasalahan itu tidak pernah menemukan jalan keluarnya. Semestinya, permasalahan inilah yang diutamakan oleh kita semua. para Orang Tua sadar Bahwa pendidikan itu sangat penting demi masa depan anaknya. Dan jika Masyarakatnya Alasan tidak mampu maka pemerintah atau aparat Desa  harus mempunyai Solusi agar semua Rakyat dan Masyarakatnya bisa sekolah. Mari konsepkan bersama, kegiatan seperti apakah yang nantinya bisa menyekolahkan keluarga yang belum mampu menyekolahkan anaknya  tersebut. Misalnya dengan mendirikan BAZIS (Badan Amil Zakat Infaq Shadaqah) Desa atau dengan mengalang dana dari para pengusaha atau orang yang telah sukses lainnya. inilah sebenarnya yang harus kita lakukan, Karena kita juga harus mementingkan generasi-generasi kita yang akan datang.
Oleh karena itu, mulai saat ini marilah kita utamakan pendidikan dan memperhatikan masa depan generasi-generasi kita yang akan datang. Jika tidak seperti itu, maka kita sebagai Muslim tidak akan maju-maju dan kehidupan pun akan semakin buram bagi masyararakat. Bagaimanapun caranya hal ini merupakan tanggung jawab orang tua dan pemerintah untuk  bisa menyekolahkan anak-anak yang kurang mampu. Dan jika desa kita tak maju-maju maka Negara kita pun tak kan pernah maju. Perubahan tidak akan pernah tercapai jika kita tak sanggup untuk merubah diri kita sendiri. Ibtida’ Bin Nafsi. Salam Happak Jee !!!

*Tulisan ini pernah dimuat di rubrik SAMBHEL buletin INSPIRASI IMSADA edisi II

Tidak ada komentar:

Posting Komentar